Capaian Pembelajaran Lulusan

Sikap

Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, meningkatkan mutu kehidupan masyarakat, patriotis, toleran, multikulturalis, kolaboratif, peduli lingkungan, disiplin, menjunjung tinggi etika profesi, bertanggung jawab, mandiri, dan berjiwa wirausaha.

Pengetahuan

  • Memiliki pengetahuan untuk memetakan tingkat penguasaan peserta didik dengan mempertimbangkan proses belajar, kebutuhan, tahap perkembangan, dan latar belakang peserta didik  untuk kepentingan pembelajaran.
  • Mampu memetakan tingkat penguasaan peserta didik dengan mempertimbangkan proses belajar, kebutuhan, tahap perkembangan, dan latar belakang peserta didik untuk kepentingan pembelajaran.
  • Memahami strategi perencanaan tujuan belajar, indikator  dan strategi pencapaian sesuai dengan tahap perkembangan murid, kurikulum, dan profil pelajar Pancasila.
  • Memahami pengetahuan tentang teknik evaluasi pembelajaran sesuai dengan perkembangan peserta didik, kurikulum dan lingkungan belajar.

Keterampilan Umum

      • Bekerja sebagai guru secara profesional.
      • Membuat keputusan secara independen dalam menjalankan pekerjaan sebagai guru berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.
      • Mengomunikasikan pemikiran/argumen atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi guru dan kewirausahaan, yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi, kepada masyarakat terutama komunitas guru.
      • Evaluasi secara kritis terhadap kinerja dan keputusan sendiri atau sejawat.
      • Memimpin tim kerja dalam memecahkan permasalahan pendidikan dan peningkatan mutu sumber daya untuk pengembangan organisasi.
      • Membangun jejaring dan berkolaborasi dengan sejawat, profesi lain, dan pemangku kepentingan.
      • Bertanggung jawab atas pekerjaannya sebagai guru sesuai dengan kode etik profesinya.
      • Berkontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan sesuai dengan kebijakan nasional.
      • Mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data serta informasi untuk keperluan pengembangan hasil kerja profesinya sebagai guru secara berkelanjutan.
      • Mampu menyelesaikan masalah terutama terkait pembelajaran

      Keterampilan Khusus

      • Mengembangkan pengetahuan profesional dalam pembelajaran berpusat pada peserta didik  dan mewujudkan profil pelajar Pancasila secara akomodatif, adaptif dan progresif terhadap perkembangan zaman.
      • Mengembangkan lingkungan belajar yang aman dan nyaman serta memfasilitasi peserta didik  belajar dengan melibatkan orang tua dan masyarakat.
      • Menunjukkan praktik pembelajaran profesional yang terdiri dari merancang, melaksanakan, melakukan asesmen, dan melakukan refleksi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan
      • Mengembangkan kemampuan profesional yang berkelanjutan dan menerapkan keterampilan kepemimpinan dalam mengembangkan profesinya.
      Verified by MonsterInsights